Rabu, 07 September 2022

Jual Rumput Lapangan Gateball Cianjur, Harga Rumput Lapangan Gateball Cianjur Januari Tahun 2024

 Sebelum membahas mengenai rumput yang dapat digunakan untuk lapangan gateball alangkah baiknya kita juga harus mengetahui sejarah singkat mengenai olahraga gateball, oleh karena itu simak sampai akhir agar anda dapat menambah pengetahuan.  

SEJARAH SINGKAT OLAHRAGA GATEBALL

   Olahraga ini pertama kali dicetuskan oleh Suzuki Kazunobu di Jepang pada tahun 1947, merupakan hasil modifikasi terhadap permainan Croquet yang berasal dari benua Eropa. Sebagian informasi menyebutkan olahraga ini berasal dari Perancis, namun sebagian lainnya menyebutkan berasal dari Inggris. Pada masa itu industri karet jepang mengalami penurunan produksi yang sangat parah, sehingga masyarakan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan dasar utama untuk kebutuhan berbagai peralatan permainan olahraga terutama membuat bola. 

   Suzuki memodifikasi aturan permainan Croquet dan menciptakan permainan baru yang dinamakan gateball ( Jepang: geeto booru ) sebagai permainan bagi para kaum muda. Gateball menjadi populer diakhir tahun 1950-an ketika seorang instruktur  pendidikan jasmani memperkenalkan olahraga ini untuk masyarakan perempuan dan warga senior dari Kumamoto, Jepang.

   Tahun 1962, Asosiasi Gateball Kumamoto dibentuk dan didirikan dengan merumuskan seperangkat peraturan yang bersifat lokal. Pola permainan ini kemudian dikenal secara nasional setelah didemonstrasikan pada pertemuan kebugaran nasional di Kumamoto tahun 1967.

   Gateball sendiri masuk ke Indonesia melalui Pulau Bali sekitar tahun 1994. Selanjutnya peminat permainan gateball menyebar secara perlahan ke berbagai kota di Indonesia mulaI dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Banten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jambi, NTB, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Jawa Tengah. 

   Indonesia sendiri mulai bergabung secara resmi dengan World Gateball Union (WGU) pada tanggal 21 Agustus tahun 2013 sebagai negara anggota ke-17 melalui persetujuan dari 43 anggota pemilik suara.

   Nah, setelah mengetahui sejarah singkat mengenai olahraga gateball maka kita akan lanjut ke pembahasan utama yaitu rumput yang dapat digunakan untuk lapangan gateball. Ada dua pilihan opsi rumput yang dapat dijadikan sebagai pilihan lapangan gateball yang petama adalah rumput zoysia dan yang kedua adalah rumput bermuda, saya merekomendasikan rumput tersebut bukan tanpa alasan karena ke dua rumput tersebut memiliki kelebihan yang tidak terdapat pada rumput lainnya. Oleh karena itu simak sampai akhir agar anda dapat menentukan pilihan jenis rumput yang anda butuhkan untuk lapangan gateball atau taman anda. Untuk mengetahui perbedaan ke dua jenis rumput tersebut anda bisa lihat dibawah ini

RUMPUT ZOYSIA 


   Rumput zoysia ( atau yang lebih dikenal dengan sebutan rumput manila ) adalah salah satu jenis rumput yang dapat dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai rumput lapangan gateball. Rumput ini memiliki ciri daun yang runcing, hijau pekat dan regiditas yang rapat. Rumput zoysia merupakan rumput yang baik digunakan untuk lapangan gateball sebab, dilengkapi akar yang kuat membuat jenis rumput ini aman ketika bersentuhan dengan sepatu, rumput zoysia juga empuk dan tidak licin. 

   Rumput zoysia memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga dapat memudahkan bola untuk menggelinding dengan lancar. Oleh karena itu, rumput zoysia menjadi salah satu rumput yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai rumput lapangan gateball, terutama untuk negara yang beriklim tropis seperti Indonesia karena memiliki banyak kelebihan dan kualitas cukup baik.

KELEBIHAN RUMPUT ZOYSIA

1. Rumput zoysia banyak digunakan untuk lapangan gateball karena memiliki karakter yang kuat menahan beban berat serta tahan cuaca panas.

2. Rumput zoysia memiliki keunggulan yang kuat dan cocok ditanam di iklim tropis

3. Akar rumput yang dalam dan kuat dapat mengikat tanah, oleh sebab itu banyak juga orang yang memanfaatkan rumput tersebut sebagai penahan bidang miring.

4. Rumput zoysia bisa tumbuh di media pasir, dengan perawatan yang baik dan benar, rumput zoysia juga bisa bertahan hingga berumur 30 tahun lebih.

5. Apabila rumput rusak akibat terkena sepatu, rumput akan cepat tumbuh dengan melakukan penyiraman air melimpah dan juga pemupukan bisa menggunakan urea atau Za, dengan syarat lapangan harus di istirahatkan selama 1 sampai 2 minggu agar memberi jeda bertumbuhnya daun baru.

  Untuk perawatannya terbilang gampang. Rumput zoysia mempunyai pertumbuhan yang cenderung lambat. Sehingga untuk perawatan berupa pemotongan bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali. Perawatan  pada musim kemarau anda hanya perlu melakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mencegah rumput menguning dan juga pemberian pupuk bisa dilakukan 1 bulan sekali. Selain itu rumput zoysia juga menyukai lahan yang terkena sinar matahari.

RUMPUT BERMUDA


   Rumput bermuda atau rumput golf dikenal dengan nama ilmiah Cynodon Dactylon bisa tumbuh subur di iklim tropis maupun subtropis. Rumput ini berasal dari Afrika dan di bawa ke Amerika untuk di kembang biakkan dan akhirnya menyebar keseluruh dunia. Rumput bermuda mempunyai sistim pengakar yang dalam. Daunnya berwarna hijau tua berbentuk lonjong dan ujungnya meruncing bila dipegang terasa lembut tidak kaku. Pertumbuhan rumput ini sangat cocok jika di aplikasikan untuk lapangan gateball, lapangan golf dan lapangan sepakbola. Sebab jika rumput rusak terkena stik atau sepatu maka rumput akan segera menumbuhkan tunas baru dengan cepat.

   Rumput bermuda akan tumbuh subur di area landscape. Rumput bermuda memiliki helaian daun pendek yang tumbuh vertikal dan memiliki tekstur lembut bergerombol. Rumput bermuda hampir mirip seperti rumput swiss dan sangat mudah tumbuh. Rumput jenis ini memerlukan penyinaran matahari 100 persen.

KELEBIHAN RUMPUT BERMUDA

1. Memiliki ukuran pendek dan menawan.

2. Tekstur Lembut.

3. Memberikan kesan luas pada taman

4. Mudah tumbuh dan tidak terlalu membutuhkan banyak asupan air.

   Untuk perawatan rumput bermuda terbilang mudah, yaitu anda cukup menyiramnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Namun, anda tak perlu melakukan penyiraman pada saat musim penghujan, karena sudah teraliri air hujan. Untuk pemupukan juga diperlukan setiap satu bulan sekali, untuk menjaga unsur hara serta nutrisi yang cukup untuk perkembangan rumput. Lakukan juga pemotongan rumput setiap 1 kali dalam sebulan, untuk menjaga daun pada ketinggian 2,5 sampai 3 cm agar rumput tetap terlihat rapi. Pemotongan disarankan menggunakan mesin dorong untuk hasil yang lebih bagus dan rapi. Tidak di anjurkan untuk melakukan pemotongan dengan gunting taman ataupun alat pemotong rumput gendong karena hasilnya akan tidak rata dan berantakan.

CARA PENANAMAN

Disini saya memberi contoh untuk cara menanam rumput bermuda, karena cara menanam rumput jenis yang lain itu sama saja prosesnya yaitu menyiapkan lahan, menyiapkan bibit, kemudian penanaman dan perawatan berikut langkah-langkahnya.

. Menyiapkan Lahan

- Gemburkan tanah dan ratakan menggunakan cangkul. Bila perlu tambah pupuk kandang diatas tanah yang telah dicangkul dan digemburkan. Hal tersebut tergantung selera dan kondisi pada lahan, pada dasarnya tidak diberi pupuk pun tidak masalah, namun akan sedikit menghambat proses pertumbuhannya.

- Siram dengan air secara merata. Hal ini cukup penting karena bertujuan agar pupuk yang baru saja ditaburkan bisa meresap kedalam tanah dan juga rumput cepat beradaptasi dan menyatu dengan tanah, apalagi jika rumput didapat dari luar daerah yang kontur tanahnya berbeda. Untuk air bisa diberikan secukupnya supaya tanah tidak menjadi becek.

. Membeli Bibit Rumput Bermuda

Rumput biasanya dijual dalam bentuk permeter persegi atau dalam bentuk bongkahan dalam bentuk sedang yang bisa kita jumpai di penjual tanaman hias maupun penjual online. Jika anda membelinya langsung, langkah pertama yang harus diperhatikan dalam cara menanam rumput adalah memilih bibit rumput yang baik. Beberapa ciri bibit yang baik adalah rumput berwarna segar dan hijau, bibit seperti ini tentunya tidak terserang hama. Jangan lupa pastikan juga melihat pada bagian akar, apakah dalam keadaan baik atau tidak, rumput tidak bisa tumbuh apabila tidak ada akarnya. Tentunya cara menanam berupa rumput jauh lebih mudah dari pada memilih cara menanam dengan menggunakan biji atau cara menanam benih rumput bermuda.

. Penanaman Rumput

- Buatlah lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya telah dibeli. Besarnya potongan dan jarak tanam tergantung selera, namun idealnya jarak tanam antar rumput adalah 2 sampai 3 jari, sebab semakin rapat maka rumput akan cepat tertutup dengan sempurna.

- Ambil bibit rumput, tapi jangan lupa pastikan rumput harus ada akarnya supaya dapat tumbuh, anda juga dapat menanam langsung dalam bentuk lembaran ketika anda beli tanpa membaginya lagi menjadi beberapa bagian. Namun bila ingin lebih hemat rumput dapat dibagi menjadi beberapa bagian.

- Letakkan bibit rumput ke tanah yang telah di siapkan, ketika meletakkan berikan sedikit tekanan pada rumput supaya dapat bersatu dengan tanah. Saat penanam lebih baiknya dilakukan pada sore hari supaya rumput dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jika penanaman dilakukan pada siang hari maka yang harus dilakukan jika rumput sudah tertanam adalah sesegera mungkin menyiramnya agar rumput tidak layu.

- Setelah rumput tertanam semua maka yang harus anda lakukan adalah menyiramnya dengan air bersih secara cukup dan merata. Penyiraman harus dilakukan dengan gembor atau selang dengan tekanan air yang kecil supaya rumput yang baru saja ditanam tidak tercabut. Penyiraman berlangsung secara teratur terutama pada awal penanaman.

MANFAAT MENANAM RUMPUT ALAMI

Berikut beberapa manfaat menanam rumput alami, antara lain:

1. Harga pasang rumput taman asli juga lebih murah dibandingkan dengan rumput palsu.

2. Keunggulan memasang rumput taman asli akan lebih ramah lingkungan jika dibandingkan rumput      palsu yang berbahan plastik.

3. Pemasangan rumput dapat mengurangi hawa panas disekitar rumah, sebab daun rumput dapat menyerap panas sinar matahari yang menyebabkan rumput tidak memantulkan kembali, sehingga situasi rumah tetap terasa sejuk.

4. Rumput alami yang terdapat di halaman bisa menyerap air lebih cepat dibandingkan dengan rumput sintetis, pemasangan paving, keramik ataupun cor. Sehingga mencegah banjir serta membuat stock air sumur tetap penuh walaupun pada musim kemarau.

5. Rumput alami dapat mengeluarkan oksigen disiang hari sehingga sangat baik untuk lingkungan sekitar sedangkan rumput sintetis tidak. 

6. Rumput yang berada dihalaman dapat dijadikan tempat sarana bermain untuk anak anak dan keluarga, karena tidak akan membuat lecet dan terluka.

7. Rumput dapat digunakan untuk mencegah erosi dan juga bisa digunakan sebagai penahan tanah bidang miring.

8. Rumput juga dapat mengurangi Efek Global Warming yang belakangan ini sedang marak diperbingcangkan.

Menanam rumput alami sangatlah bermanfaat terutama untuk lingkungan sekitar dan kehidupan jika dibandingkan menanam rumput sintetis atau palsu,namun jika anda lebih memilih menggunakan rumput palsu atau sintetis untuk taman maupun lapangan lebih baik berfikir terlebih dahulu sebab yang akan terjadi jika anda menggunakan rumput sintetis adalah sebagai berikut.

1. Rumput sintetis berpotensi jadi sarang penyakit.

2. Rumput sintetis tidak dapat mengeluarkan oksigen.

3. Tidak tahan terhadap air.

4. Warna rumput sintetis dapat memudar.

5. Biaya pemasangan cukup mahal

6. Tidak terlihat natural

7. Tidak ramah lingkungan

8. Mudah Panas

9. Akan menimbulkan bau tidak sedap jika tidak dibersihkan

  Itulah sekilas informasi yang bisa saya kumpulkan mengenai rumput zoysia dan rumput bermuda anda bisa memutuskan sendiri sebelum memasang rumput untuk lapangan maupun untuk taman. Pemilihan rumput tentunya harus sesuai dengan keadaan kondisi lahan ditempat tinggal kalian.

JIKA ANDA SEDANG MENCARI INFORMASI JENIS RUMPUT YANG LAIN SEPUTAR KARAKTER, PERAWATAN HINGGA HARGA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DENGAN KLIK LOGO WHATSAPP DIBAWAH INI

  

KAMI JUGA MENYEDIAKAN RUMPUT GAJAH MINI, RUMPUT GOLF, RUMPUT GAJAH MINI VARIGATA, RUMPUT MANILA, RUMPUT LAMURAN, DLL. UNTUK MEMPERCANTIK RUMAH ANDA. INFO LEBIH LANJUT BISA MENGHUBUNGI DENGAN KLIK LOGO DI ATAS👆

PRODUK KAMI LAINNYA DAN HASIL KERJA KITA BISA CEK DI WEBSITE 
















TONTON JUGA VIDEO VIDEO CUPLIKAN PEKERJAAN KAMI DI MANA SAJA 👇

Memenuhi permintaan rumput di pabrik baru hyundai bekasi seluas 35 hektar. Rumput bertahap kirim setiap minggu 2-3 truk fuso.👇
Pekerjaan tanam rumput manila zoysia untuk lapangan di mojokerto ðŸ‘‡
Pengiriman dan penanaman rumput gajah mini di rest area 575 B tol Ngawi 👇

Pekerjaan tanam rumput gajah mini di sekolah Alkitab jalan Soekarno No. 7-9, Desa Beji, Kec.Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 👇

Baca dan lihat juga pekerjaan saya lain bisa klik link di bawah ini

Untuk informasi lebih lanjut harga jenis rumput taman hias lainnya serta harga rumput taman sekalian tanam bisa menghubungi saya 😊👇

KONTAK KAMI

0 komentar:

Posting Komentar